Monday, November 07, 2011

Transfer BCA ke BTN

Selama ini aku kalau nabung ke BTN pake duit yang ada di rekening BCA pakai cara konvensional. Pertama-tama ambil cash ke BCA lalu setorin ke BTN. Kupakai cara ini selain menurutku lebih aman, juga sekalian print buku tabungan. Sebenernya sih lebih karena males nyobain cara praktisnya alias via ATM. Ndeso!

Ritual ini rajin kulakukan awal bulan. Sampai Sabtu kemarin mau ke bank, ternyata bank-nya tutup. Nggak kepikiran kalau bank tutup hari Sabtu menjelang Idul Adha gini (sebenernya bank buka hari Sabtu, nggak sih?!). Mau nggak mau nunggu Senin. Tapi berhubung Senin aku mau ke luar pulau sampai lama akhirnya terpaksa pakai cara praktis, yaitu: via ATM. Tabungan di BTN ini sebenarnya untuk membayar cicilan KPR yang dibayar tiap awal bulan, jadi ya nggak bisa nunggu-nunggu.

Melalui ATM BCA, dengan mode transfer ke rekening bank lain, nggak kutemukan kode bank BTN. Mau kutanya operator BCA tapi males. Akhirnya aku browsing di internet via blackberry untuk dapat kode bank BTN. OK, jadi kode bank BTN adalah: 200.

Balik lagi ke ATM, pilih mode transfer ke rekening bank lain dan ketik kode bank 200, masukkan jumlah uang yang akan ditransfer, lalu ketik nomer rekening BTN. Di layar kemudian akan muncul, transfer sejumlah sekian ke rekening atas nama ini dan nomer rekening itu; pilih OK.

Misi pun saksess!

11 comments:

  1. loh bisa toh sekarang ?
    apa kalo dari tempat lain ke BCA itu yang gak bisa ya ? ~.~"

    ReplyDelete
  2. normalnya bank tutup hari Sabtu.
    tapi sekarang sudah mulai banyak bank yg buka hari Sabtu, tapi sebatas setor-tarik tunai,cmiiw.

    horeeee,Mamisinga sudah bisa transfer pake ATM.
    MAKAN2! :-))

    ReplyDelete
  3. @Fahmi: padahal aku pernah nanya lho sama orang BTN, katanya transfer via ATM BCA ke BTN nggak bisa.. lha ini buktinya bisa :)

    @arqu3fiq: terima kasih!

    @M Fahmi Aulia: sesuatu banget ya, nunggu kepepet dulu baru nyobain ATM!!! Hahaaa!!

    ReplyDelete
  4. Udah dicek ga saldo di rekening BTN nya?? apa langsung nambah saat itu juga?? jgn2 ga masuk.. :)) soalnya sy curiga kalo ga tercantum di list menunya (anggota ATM PRIMA), berarti mungkin cara yg dipakai adalah cara kliring (lama 1-3 hari, biaya 5ribu) atau RTGS (butuh 1-2 jam, tp biaya transfer lbh mahal, 20ribu).. Hati2 lho..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau transfer beda bank tetap ada charge. Saya transfer pakai jeda biasanya maksimal 2 hari sblmnya, mengantisipasi duit nyampe ke bank yg dituju nggak telat/jatuh tempo. trm ksh.

      Delete
  5. Hmm.. sy barusan baca di situs nya BTN.co.id, trnyata : "Kartu Debit BTN dapat digunakan bertransaksi di seluruh ATM Bank BTN, jaringan ATM berlogo Link ,ATM Bersama, Prima, Plus dan VISA".
    Yaa.. berarti memang BTN itu anggota ATM Bersama & ATM Prima juga.. Mungkin list di ATM BCA nya tidak diupdate..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, pada saat postingan ini dibuat list kode bank lain di ATM BCA nya belum update. BTN memang sekarang termasuk dalam jaringan ATM bersama. Lumayan, mesin ATM BTN kan jarang-jarang tapi udah nggak khawatir lagi skg...

      Delete
  6. sis, waktu aku transfer via atm BTN ke BCA syariah setelah masukin kode+nomor rekening, muncul "masukkan nomor referensi" itu apa ya sis ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nomer referensi bertindak sebagai ID, misalnya bisa nomer HP atau kuitansi. Supaya penerima bisa ngecek transferan dari anda sudah masuk atau belum, jangan lupa informasikan nomer referensi yang anda tulis ke penerima

      Delete
  7. kmren sy cb transfer via atm dr BCA ke BTN Syariah stlh sy masukan kode BTN 200 kok tidak bs ya?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Sistem moderasi sedang dinyalakan untuk menghindari komentar-komentar yang nyasar (misalnya iklan dll), harap sabar ya bagi yang sudah meninggalkan jejak, sampai yang punya blog me-moderasi :)